Senin, 24 Agustus 2015

Peradaban Asia Afrika

PERADABAN ASIA AFRIKA
1.     Peradaban di India
Daerah india merupakan salah satu tempat munculnya peradaban tertua di dunia khususnya di Asia. Daerah India merupakan suatu Jazirah Benua Asia yang disebut dengan nama anak benua. Di sebelah utara daerah India terbentang Pegunungan Himalaya yang menjadi pemisah India dengan daerah lainnya di Asia.
Antara Pegunungan Himalaya dan Hindu Kush terdapat Celah Kaibar. Celah Kaibar inilah yang dilalui oleh masyarakat India untuk menjalin hubungan dengan daerah –daerah lain di Asia. Di tengah – tengah daerah India terdapat Pegunungan Windya. Pegunungan ini membagi India menjadi 2 bagian, yaitu India Utara dan India Selatan. Pada daerah India bagian utara mengalir Sungai Shindu (Indus), Gangga, Yamuna, dan Brahmaputra. Daerah itu merupakan daerah yang subur sehingga sangat padat penduduknya. Di daerah itu pulalah muncul pusat peradaban awal di Asia, yaitu peradaban Lembah Sungai Indus dan Lembah Sungai Gangga.
Peradaban lembah sungai indus
1.     Pusat peradaban
Peradaban Lembah Sungai Indus diketahui melalui penemuan – penemuan arkeologi di Kota Harappa dan Mohenjodaro. Kota Mohenjodaro diperkirakan sebagai ibukota daerah Lembah Sungai Indus bagian selatan dan Kota Harappa sebagai ibukota Lembah Sungai Indus bagian utara. Mohenjodaro dan Harappa merupakan pusat peradaban bangsa India pada masa lampau.  
2.    Tata kota
Di Kota Mohenjodaro dan Harappa terdapat gedung – gedung dan rumah tinggal serta pertokoan dibangun secara teratur dan berdiri kokoh. Gedung – gedung dan rumah tinggal dan pertokoan itu sudah terbuat dari batu bata lumpur. Wilayah kota dibagi atas beberapa bagian atau blok yang dilengkapi jalan yang ada aliran airnya (sanitasi).
3.    Sistem Pertanian dan Pengairan
Daerah Lembah Sungai Indus merupakan daerah yang subur. Pertanian menjadi mata pencaharian utama masyarakat India. Pada perkembangan selanjutnya, masyarakat telah berhasil menyalurkan air yang mengalir dari Lembah Sungai Indus sampai jauh ke daerah pedalaman.
Pembuatan saluran irigasi dan pembangunan daerah – daerah pertanian menunjukkan bahwa masyarakat Lembah Sungai Indus telah memiliki peradaban yang tinggi. Hasil – hasil pertanian yang utama adalah padi, gandum, gula/tebu, kapas, teh, dan lain-lain.
4.    Sanitasi (Kesehatan)
Masyarakat Mohenjodaro dan Harappa telah memperhatikan sanitasi (kesehatan) lingkungannya. Teknik – teknik atau cara – cara membangun rumah yang telah memperhatikan faktor – faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan yaitu rumam mereka sudah dilengkapi oleh jendela.
5.    Teknologi
Masyarakat Lembah Sungai Indus sudah memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan mereka dapat diketahui melalui peninggalan – peninggalan budaya yang ditemukan, seperti bangunan Kota Mohenjodaro dan Harappa, berbagai macam patung, perhiasan emas, perak, dan berbagai macam materai dengan lukisannya yang bermutu tinggi dan alat – alat seperti, tombak, pedang, dan anak panah.
6.    Pemerintahan
Raja – raja yang pernah memimpin Kerajaan Maurya antara lain :
CANDRAGUPTA MAURYA
Setelah berhasil menguasai Persia, pasukan Iskandar Zulkarnaen melanjutkan ekspansi dan menduduki India pada tahun 327 SM melalui Celah Kaibar di Pegunungan Himalaya. Pendudukan yang dilakukan oleh pasukan Iskandar Zulkarnaen hanya sampai di daerah Punjab. Peda thun 324 SM muncul gerakan dibawah Candragupta setelah Iskandar Zulkarnaen meninggal tahun 322 SM, pasukannya berhasil diusir dari daerah Punjab dan selanjutnya berdirilah Kerajaan Maurya dengan ibukota di Pattaliputra.
Candragupta maurya menjadi raja pertama Kerajaan Maurya. Pada masa pemerintahannya, daerah kekuasaan Kerajaan Maurya diperluas kearah timur, sehingga sebagian besar daerah India bagian utara menjadi bagian kekuasaannya. Dalam waktu singkat, wilayah Kerajaan Maurya sudah mencapai daerah yang sangat luas, yaitu daerah Kashimir di sebelah barat dan Lembah Sungai Gangga di sebelah timur.
ASHOKA
 


1 komentar:

  1. As reported by Stanford Medical, It is really the ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh an average of 42 pounds less than we do.

    (And actually, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING to "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    CLICK on this link to reveal if this easy questionnaire can help you unlock your real weight loss potential

    BalasHapus